STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Abstract

Upaya pemberdayaan seluruh potensi organisasi yangterkadang memiliki keterbatasan baik dari segi kuantitas maupundari segi kualitas, tentunya menuntut kemampuan dan ketrampilandari seorang kepala sekolah dalam mengelola dan menatasumberdaya organisasi yang dimiliki dengan sebaik mungkin dengancara menerapkan prinsip efektifitas dan efisiensi dalampengelolaannya.Dengan demikian, peningkatan dan pengembangankompetensi profesional guru menjadi suatu keharusan dan perlumendapat perhatian khusus terutama dari kepala sekolah sebagaisupervisor pendidikan yang berkewajiban melakukan pengawasandan pembinaan bagi guru khususnya di bidang akademik agarkinerja mereka dapat terus menerus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Semakin baiknyakualitas proses pembelajaran yang dilakukan guru tentunyaberpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar yangdicapai oleh siswa. Namun demikian, dalam pelaksanaan supervisiakademik tidak terlepas dari faktor penghambat yang menjadirintangan dalam pelaksanaan pemberian bantuan profesionalkepada guru. Hal ini tampaknya harus disadari oleh supervisorsebagai suatu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari seluruhkeberhasilan kegiatan upaya peningkatan mutu pembelajaran.Ada berbagai macam strategi yang dapat diterapkan kepalasekolah dalam pelaksanaan pemberian bantuan dan pembinaan gurudalam mengembangkan kompetensi profesional guru. Salah satunyayaitu melalui pemberdayaan di antara sesama guru, terutama olehguru yang dinilai telah profesional dan berpengalaman berbagipengetahuan dan pengalaman dengan guru yang lain.Kata Kunci : Strategi kepala sekolah,dan kompetensi guru.