ECO-PESANTREN; MODEL PENDIDIKAN BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN

Abstract

Upaya untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan melaluipendidikan lingkungan akan memberikan andil besar dalam mencegahperusakan lingkungan lebih jauh bahkan memperbaiki kerusakan yangsudah terjadi. Pendidikan lingkungan hidup merupakan usahamenumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran komunitas untukberperilaku ramah terhadap lingkungan sehingga keberlanjutanekosistem tetap terjaga. Salah satu model pendekatan yang dapatdikembangkan adalah pendidikan eco-pesantren. Eco-pesantrenmerupakan model pendidikan yang berusaha untuk menghasilkan santriyang memiliki bekal ilmu yang seimbang antara ilmu duniawi denganilmu ukhrowi, sehingga dapat menyeimbangkan antara ibadahmahdhah dengan ibadah ghairu mahdhah serta dapat menerapkankonsep Islam yang utuh, yaitu rahmatan lil’alamin.Pendidikan berbasis eco-pesanten merupakan kegiatan untukmenjadikan pondok pesantren berbasis ramah lingkungan melaluibentuk-bentuk kegiatan seperti peningkatan pola hidup yang ramahlingkungan, pengembangan unit kesehatan dan lingkungan dalampesantren, memasukkan kurikulum lingkungan dalam pesantren sertamelakukan aksi nyata dalam pengelolalan sampah, air bersih, sanitasidan MCK, yang dapat dijadikan percontohan dan pembelajaran bagimasyarakat sekitarnya. Melalui model pendidikan eco-pesantren inidiharapkan akan melahirkan intelektual Islami yang berorientasi padamutu, berdaya saing tinggi, dan berbasis pada sikap spiritual tetapijuga ikut andil dalam pembangunan bangsa yang memiliki pola pikirberwawasan lingkungan.Kata Kunci: Eco-Pesantren, pendidikan, dan pelestarianlingkungan.