PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DAN SIKAP KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning dan sikap kreatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2, Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang terbagi dalam dua kelas perlakuan. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Problem Based Learning mampu memberikan dampak lebih baik bagi peningkatan hasil belajar dibanding strategi ekspositori; (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap kreatif terhadap hasil belajar; (3) hasil belajar siswa yang memiliki sikap kreatif tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap kreatif rendah jika diajarkan strategi problem based learning; (4) hasil belajar siswa yang memiliki sikap kreatif rendah lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap kreatif tinggi jika diajar strategi ekspositori. Kata kunci: strategi problem based learning; strategi ekspositori; kreativitas; hasil belajar.