PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B DI MIN KONAWE SELATAN KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN

Abstract

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  hasil  belajar  siswa  masih  rendah dan   banyak   nilai   siswa   yang   belum   mencapai   nilai   KKM   yaitu   65. Disamping  itu,  kurangnya pengetahuan  guru  terhadap  metode  pembelajaran aktif   dan   tidak   maksimal   dalam   menggunakan   media   yang   mendukung dalam  mengajar   sehingga   siswa   merasa   tidak  termotivasi  dalam  belajar. Untuk  mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan menambah pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran konvensional  ke  metode  pembelajaran  yang  aktif  seperti  metode pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada siswa kelas V B Di MIN 2 Kec, Konda Kabupaten Konawe Selatan.   Penelitian   ini  merupakan   penelitian   tindakan   kelas   (PTK)   yang dilakukan sebanyak  2  siklus  dengan objek penelitian adalah siswa kelas V B yang berjumlah 23  siswa siswa yang terdiri dari 6  orang siswa laki-laki dan 17   orang   siswa   perempuan.   Faktor   yang   diselidiki  dalam  penelitian  ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dan penerapan metode pembelajaran Picture and Picture.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Picture and Picture di Kelas V B MIN 2 Konawe Selatan dapat  meningkatkan  hasil belajar  siswa  secara  signifikan.  Kegiatan  prasiklus menunjukkan  bahwa  hasil belajar  siswa  secara  keseluruhan  hanya  mencapai56.52%,   setelah   dilakukan   tindakan   pada  siklus  I  dengan  menggunakan metode  pembelajaran  Picture  and  Picture  hasil  belajar  siswa  mengalami peningkatan  ketuntasan  belajar  siswa  sebesar  65.21%,  kemudian  dilanjutkan pada   tindakan   siklus   II   dan   mengalami   peningkatan   ketuntasan   belajar sebesar 82.60%. Kata Kunci: Metode pembelajaran,  Picture and Picture, hasil belajar, siswa