QUESTION AND ANSWER TECHNIQUE IN TEACHING ENGLISH IS THIS STILL FAVORED OR NOT?
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa terhadap tehnik “question andanswer”. Penelitian ini dilakukan di semester 3 pada Jurusan Tarbiyah,Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Kendari. Penelitianini dilakukan karena sebagian besar mahasiswa pada dasarnya cenderungmenghindari belajar bahasa Inggris dan mudah bosan selama prosespembelajaran. Penelitian ini akan memberikan nuansa yang berbeda dalammengajar Bahasa Inggris serta mempresentasikan persepsi mahasiswaterhdap tehnik “question and answer” yang mereka sudah lakukan.Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah senagaiberikut: observasi, kuesioner dan wawancara. Dari hasil trianggulasi,penelitian ini menemukan bahwa tehnik “question and answer” dapatmembantu mahasiswa untuk belajar, dan bahkan sebagian besar siswa setujujika mereka telah mendapatkan kepercayaan diri yang kuat setelah belajardengan menggunakan tehnik “question and answer”. Ini berarti bahwa siswamemiliki persepsi yang sangat tinggi. Faktor menarik yang membuat tehnikyang sederhana bisa effective dalam kelas adalah penelitian ini mencobamengintegrasikan lagu, bermain peran, dan presentasi. Pembahasanpenelitian ini diharapkan dapat memberikan ide-ide baru untuk bisamelakukan penelitian terkait lainnya di masa yang akan datang.Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, question and answer technique,pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Agama IslamSemester III,