STRATA PERILAKU BELAJAR STATISTIK INFERENSIAL MAHASISWA STAIN SULTAN QAIMUDDIN KENDARI

Abstract

Pembelajaran statistik inferensial sering berkesan sangatmembosankan dan menakutkan bagi mahasiswa. Perilaku belajarstatistik inferensial mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendarisangat diperlukan dan perlu dianalisis lebih lanjut.Keperluan analisis lanjut dimaksud melibatkan data 274 orangmahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendaritahun 2013 angkatan 2009 dan 2010 digunakan sebagai populasi.Melalui populasi tersebut dipilih sebanyak 53 orang sebagairesonden penelitian, dengan 14 orang (26,42 %) berasal dariangkatan 2009 dan 39 orang (73,58 %) berasal dari angkatan 2010.Variabel yang digunakan adalah perilaku belajar statistik inferensialmahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, yaitu 1) X1 untukresponden yang berasal dari angkatan 2009 dan X2 untuk respondenyang berasal dari angkatan 2010.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) analisis statistikinferensial terdapat perbedaan secara signifikan antara perilakubelajar statistik inferensial mahasiswa angkatan 2009 dan perilakubelajar statistik inferensial mahasiswa angkatan 2010, dan 2)Analisis statistik deskriptif perilaku belajar statistik inferensialmahasiswa angkatan 2009 lebih buruk dari perilaku belajar statistikinferensial mahasiswa angkatan 2010.Kata kunci: Analisis Statistik Inferensial, perilaku belajarmahasiswa, strata.