MENGGAGAS PONDOK PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MASA DEPAN YANG MENCERAHKAN
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan Islam yang memberikankontribusi untuk bangsa ini adalah pondok pesantren. Pondokpesantren merupakan khas pendidikan Islam yang tertua diIndonesia. Diabad 21 konsep pembaharuan pendidikan lembagapondok pesantren yang lebih baik sudah menjadi keharusan untukmenjawab tantangan zaman.Realitas jika kita teropong lebih dalam bagaimana dinamikalembaga pondok pesantren dulu hingga sekarang, melihat kelemahandan kelebihan yang ada di dalamnya perlu diadakan pembaharuanuntuk menuju pendidikan Islam yang lebih baik. Untuk itu dalam2tulisan ini dibahas tentang bagaimana menggagas lembaga pondokpesantren yang selama ini dikambinghitamkan sebagai pendidikanIslam klasik, tradisional, tertinggal dan fanatik terhadap hal-halyang faktual. Menuju kearah pendidikan Islam yang mencerahkan.Kata Kunci : Pondok pesantren, pendidikan Islam danmasa depan yang mencerahkan.