MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS VIA SD NEGERI 15 BARUGA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Masalah penelitian ini adalah ”Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD prestasi belajar membaca pemahaman murid kelas VIa SD Negeri 15 Baruga dapat ditingkatkan?” Tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar membaca pemahaman murid kelas VIa SD 15 Baruga. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan dengan prosedur sebagai berikut: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan tindakan (action); (3) observasi (observation); (4) evaluasi (evaluation); dan (5) refleksi (reflection). Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai, seperti apa yang telah didesain dalam faktor yang diselidiki. Target ketuntasan belajar yang dipersyaratkan sebagai patokan pemberhentian siklus adalah minimal 85% murid mencapai nilai paling rendah 7,0. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar membaca murid kelas VIa SD 15 Baruga dapat ditingkatkan. Hasil rata-rata belajar membaca pemahaman murid menjadi 7,41 dengan ketuntasan belajar sebanyak 29 orang atau 85,29%. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu dioptimalkan dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD 15 Baruga. Kata Kunci: model kooperatif tipe STAD; prestasi.