MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Abstract
Sekolah merupakan lembaga sosial yang tidak dapat dipisahkandari lingkungan masyarakatnya, sebaliknya masyarakatpun tidakdapat dipisahkan dari sekolah. Karena keduanya sama-sama memilikikepentingan. Sekolah sebagai lembaga formal yang diserahi amanatuntuk mendidik, melatih dan membimbing anak bangsa (masyarakat)sementara masyarakat adalah stakeholder atau pengguna jasapendidikan.Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh prosespendidikan di sekolah dan tersedianya sarana dan prasarana sajamelainkan juga ditentukan oleh peran keluarga dan masyarakat.Karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama sekolah, keluargadan masyarakat. Maka masyarakat mempunyai peran untuk turutmemikirkan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Partisipasimasyarakat yang tinggi di sekolah menjadi indikator bahwamanajemen sekolah berjalan dengan baik. Ketika pemerintah dalamhal ini sekolah berdampingan mesra dengan masyarakat dan orang tuaakan memberikan dampak yang besar bagi kemajuan sekolah danakan memberi pengaruh yang besar pula bagi peningkatan prestasibelajar anak di sekolah (salah satu ukuran mutu pendidikan).Upaya melibatkan masyarakat dalam meningkatkan mutupendidikan di sekolah dapat ditempuh dengan cara (1) melakukansosialisasi kepada para pemimpin formal. (2) Melibatkan para pemimpinformal untuk ikut memiliki sekolah/madrasah sebab maju mundurnyalembaga pendidikan akan berdampak pula pada masyarakat setempat.(3) Menunjukkan program langsung, selain mendidik anak-anak dapatpula menunjukkan prestasi yang telah dicapai baik oleh siswa, guruataupun prestasi sekolah secara keseluruhan.Kata Kunci: Mutu Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat.