PAULO FREIRE: BIOGRAFI SOSIAL INTELEKTUAL MODERNISME PENDIDIKAN

Abstract

Praktik pendidikan selama ini lebih menekankan parapengembangan otak kiri yang cenderung berpikir rigid, terstruktur,terikat oleh aturan formal dan sangat formalistic. Akibatnya semuaproses pendidikan harus dilaksanakan menurut garis lurus yangditentukan oleh pemegang dan penentu kebijakan yang miskinkreatifitas dan inovasi. Lagi-lagi ranah kognitif selalu menjaditumpuhan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pendidikan.Sungguhpun perangkat aturan telah menuntut penyeimbangan ketigaranah (kognitif, afektif dan psikomotorik) bahkan ranah spiritual,namun faktanya jauh dari harapan. Keterbatasan skill kompetensitenaga pendidik selalu menjadi alas an yang tak pernah ada ujungpangkalnya. Potensi kritis dan sikap humanis yang cenderungterdapat pada otak kanan justru nyaris tak tersentuh oleh prosespendidikan. Berpikir kritis, humanis, dan peka terhadap berbagaimasalah social inilah yang ditawarkan oleh Paulo Freire untukdijadikan alternatif pengembangan di dunia pendidikan.Kata Kunci: Pendidikan Yang Membebaskan