KARTU PERMAINAN: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEKSTUAL

Abstract

Kartu permainan ialah salah satu bentuk media pembelajaranbahasa Arab yang dapat digunakan sebagai bentuk ungkapan secaraverbal yang dituang dalam bentuk tulisan melalui potongan-potongankertas yang keras atau tebal dipotong-potong menjadi beberapabagian sesui selera guru atau penggunanya, sehingga menjadi katukartupermainan bahasa yang unik dan menarik.Kartu Permainan merupakan salah satu media kontekstualkarena media ini secara tidak langsung dapat membawa peserta didikke alam nyata melalui alat peraga (kartu permainan). Ada 12 kartupermainan bahasa Arab yang mudah digunakan yaitu: Kartupertanyaan dan jawaban (Bithoqah al As-ilah wa al-ijabah)., KartuPenyempurna (Bithoqah al Takmilah), Kartu Kosa kata (Bithoqah almufradat), Kartu Tiruan (Bithoqah al mushoghor), Kartu StickFigures (gambar hasil tangan) atau yang disebut bithoqah tashwir alyadi, “Kartu susun kata (Bithoqah tarkib al mufradat), Kartu tusukkata, Kartu pindah gambar, Papan tulis berkata, Temukanpasanganku.Media pengajaran bahasa Arab dapat diklasifikasikan menjaditiga jenis yaitu; “(1) media perangkat/peralatan (al ajhizah),(2)media materi pembelajaran (al mawad al ta’limiyah al ta’allumiyah),dan (3) kegiatan penunjang pembelajaran (al nasyathath alta’limiyah. Penggunaan media pembelajaran apabila “dikaitkandengan indra yang digunakan manusia untuk memperolehpengetahuan media diklasifikasikan menjadi tiga macam yaitu: (a)Media Bashariyah (media pandang/visual) yakni papan tulis dan alatperaga, (b) Media Sam’iyyah (media dengar/audio) yakni taperecorder, voic recorder, (c) Media Sam’iyyah-Bashariyyah (mediadengar- pandang/audio-visual) yakni TV, VCD, computer danlaboratorium bahasa yang sederhana.Kata Kunci: Kartu Permainan, Media Pembelajaran Bahasa Arab