STRATEGI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SD IT AL-QALAM KOTA KENDARI
Abstract
Pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah di SD IT Al-Qalam Kota Kendari sudah berjalan dengan baik. Grafik perkembangan jumlah siswa di sekolah ini cukup baik, setiap pendaftaran murid baru banyak calon siswa yang tidak diterima karena pendaftar sudah memenuhi kuota siswa baru. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi supervisi kepala sekolah di SD IT AL QALAM Kota Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa kata-kata dan perilaku yang dituangkan dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dan spesifik. Tekhnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Sebagai supervisi kepala sekolah mensupervisi kurikulum Islam Terpadu, khususnya dengan mengadakan mata pelajaran ITQ pada setiap harinya sehingga kepala sekolah melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan demikian, strategi supervisi kepala sekolah di SD IT Al-Qalam Kota Kendari, telah mencapai hasil yang maksimal. Kata kunci : Kepala sekolah, Strategi, Supervisi