REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mahasiswa yang bekerja, dimana mahasiswa memiliki prestasi belajar yang bervariasi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana regulasi diri dalam belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang bekerja. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja yang ditentukan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi  kemudian data dianalisis menggunakan teknik reduksi, display, verifikasi dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang bekerja berjumlah 107 orang atau 9,94 %. Mahasiswa tersebut ada yang bekerja setiap hari, akhir pekan dan ada yang bekerja pada libur kuliah saja. Mahasiswa yang bekerja pada akhir pekan memiliki regulasi diri dalam belajar yang baik, mereka dapat mengatur waktu belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan dengan baik. Disamping itu, mereka juga memiliki prestasi belajar yang baik. Kata Kunci: Regulasi diri, belajar, mahasiswa, bekerja.