PENELITIAN SEBAGAI INSTRUMEN PERBAIKAN KUALITAS KINERJA ORGANISASI PENDIDIKAN SECARA BERKELANJUTAN (CONTINUOUS IMPROVEMENT)
Abstract
Organisasi pendidikan memiliki fungsi strategis dalampencapaian tujuan-tujuan pendidikan, sehingga tata kelola yangbaik menjadi kunci dalam pemberian layanan pendidikan yangbaik. Dengan pendekatan sistem dapat dilihat bahwa layananpendidikan yang diberikan oleh sebuah organisasi pendidikanmencakup: input, proses, dan output. Ketiga aspek tersebutmerupakan satu kesatuan sehingga memerlukan perhatian secaramenyeluruh dan serius.Faktor manusia menjadi kunci sukses dalam pemberianlayanan pendidikan yang berkualitas. Output maupun proses yangberkualitas akan menjadi kenyataan jika ditunjang oleh input yangberkualitas tinggi. Salah satu yang selalu menjadi sorotan dalamkonteks ini adalah bagaimana menciptakan kualitas kinerja yangtinggi bagi para penyelenggara organisasi (termasuk organisasipendidikan). Di dalam organisasi pendidikan setidaknya mencakup4 (empat) komponen, yakni pimpinan, guru/dosen, karyawan/stafadministrasi, dan siswa/mahasiswa. Tiga komponen terdahulubekerja bahu membahu (sinergis) dalam menjawab kebutuhansiswa/mahasiswa. Pertanyaannya adalah bagaimana menjawabkebutuhan internal customer itu? Bagaimana mengetahuikebutuhan mereka? Layanan pembelajaran apa yang cocok bagimereka? Bagaimana seharusnya peran pimpinan? Apakah merekabutuh layanan tambahan selain layanan pokok (pembelajaran),bagaimana hubungan dengan masyarakat? Bagaimana persaingandengan lembaga lain? Dan mungkin banyak lagi deretanpertanyaan yang dapat diajukan.Penelitian (riset) memberi jalan bagi insan lembagapendidikan untuk menemukan masalah dan memberi jalan keluarsecara ilmiah terhadap problem-problem keorganisasian.Pengambilan keputusan-keputusan strategis organisasi sejatinya berdasarkan fakta dan data-data empiris, bukan asumsi/praduga,ataupun rekaan. Kualitas kinerja yang baik dan berkelanjutandapat diraih jika kita bekerja berdasarkan kebutuhan riil pemangkukepentingan (stakeholder), dimana kebutuhan tersebut bersifattidak tetap (dinamis) dari waktu ke waktu.Kata Kunci: riset, internal customer, kualitas kinerja, perbaikanberkelanjutan, dan lembaga pendidikan.