FUNGSI SIGAH AL-AMR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE RESPON FISIK TOTAL

Abstract

Keterampilan berbicara (mah>arah al-kala>m) adalah salah satutujuan ekspresif pembelajaran bahasa Arab yang ingin dicapai dalampembelajaran. Pembelajaran keterampilan berbicara merupakanpembelajaran yang terkait dengan peningkatan kemampuanmenggunakan bahasa Arab secara lisan untuk membantu siswamempelajari dan berlatih berbicara dalam kegiatan belajar mengajaragar siswa memiliki pengalaman individu sehingga mampuberkomunikasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Arab.Metode respon fisik total adalah suatu metode pengajaran bahasayang dibangun berdasarkan koordinasi ujaran dan tindakan yangberupaya mengajarkan bahasa melalui kegiatan fisik atau aktivitasmotorik. Bahasa diajarkan dengan cara mengaktifkan seluruh gerakantubuh. Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode responfisik total diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasalisan bahasa Arab dengan tidak menggunakan teks pokok khususnyabagi pemula, karena suara guru, tindakan-tindakannya, dan isyaratisyaratnyasudah menjadi dasar yang cukup untuk aktivitas kelas.Aktivitas utama adalah guru memberi perintah dan melakukan perintah.Kata-kata perintah yang digunakan adalah s}igah al-amr untukmenimbulkan tindakan-tindakan dan aktivitas fisik dari para siswa.S}igah al-amr dalam pembelajaran keterampilan berbicarakhususnya bahasa Arab melalui metode respon fisik total berfungsisebagai sentral kegiatan pembelajaran yang meliputi fungsi sebagaibahan ajar, dasar pemerolehan keterampilan berbicara, sumberaktivitas guru dan siswa.Kata Kunci: S}igah al-amr, Pembelajaran Keterampilan Berbicara,dan Metode Respon Fisik Total.