MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA STAIN KENDARI (Analisis Problem dan Solusinya)

Abstract

Tulisan ini mencoba melakukan analisis kritis permasalahanrendahnya motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa STAIN Kendaridan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Permasalahan diungkapsecara gamblang dan dianalisis dengan menggunakan kerangkakonseptual motivasi belajar bahasa. Permasalahan rendahnyamotivasi belajar bahasa Arab diketahui melalui penelitian danberdasarkan hasil refleksi penulis selama menjadi dosen bahasaArab di STAIN. Penulis menawarkan solusi bahwa untukmeningkatkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa, dapatdilakukan langkah-langkah strategis dan terintegrasi dalam semuaaspek pembelajaran mulai dari input (mahasiswa), tahap prosessampai pada outcomes dan output. Semuanya dibangun dalamkerangka kebijakan pengembangan pembelajaran bahasa Arab yangmotivasional bagi mahasiswa STAIN Kendari.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Bahasa Arab, dan Mahasiswa STAIN.