PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN KABUPATEN MUNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), tipe jigsaw, dan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa melalui kedua model pembelajaran tersebut di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes hasil belajar dengan metode pengolaan data yakni metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan data yang berkenaan dengan objek penelitian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas X1 sebagai kelas perlakuan A melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan siswa kelas X3 sebagai kelas perlakuan B melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Kata Kunci: Hasil belajar Pendidikan Agama Islam; model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT); model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw