Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas X di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014)

Abstract

Adolescence is a period of social adolescence because all social relationships is becoming more obvious and very dominant. Social relationship will be established with good interpersonal communication when there is in it. Students who have difficulty in interpersonal communication will be difficult to adjust themselves, tend to be overbearing, selfish, and want to win themselves so easily involved in the dispute. The aim of this research is intended to establish the effective interventions to improve students' interpersonal communication. The main of research problem was "Is sociodrama technique effective for enhancing students’ interpersonal communication towards grade X students of Kartika Siliwangi 2 Senior High School in Bandung in academic year 2013/2014?" The research utilized quasi-experimental with Non equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The sample comprised 8 students in experiment group and 7 students in control group. The result showed that Sociodrama technique had a good effect to enhance students’ interpersonal communication, which resulted in a significant increase in the change of interpersonal communication skills average score where the pretest was 21.50 and the posttest score was 44.60. Masa remaja merupakan masa sosial karena sepanjang masa remaja hubungan sosial semakin tampak jelas dan sangat dominan. Hubungan sosial akan terjalin dengan baik apabila terdapat komunikasi interpersonal di dalamnya. Siswa yang memiliki kesulitan dalam melakukan komunikasi interpersonal akan sulit menyesuaikan diri, cenderung memaksakan kehendak, egois, dan ingin menang sendiri sehingga mudah terlibat dalam perselisihan. Penelitian bertujuan menghasilkan rumusan intervensi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Masalah utama penelitian adalah “Apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014?” Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan Non equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa, dengan jumlah anggota kelompok eksperimen 8 siswa pada kelompok kontrol 7 siswa. Teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa yang diujikan dalam penelitian memiliki daya pengaruh yang cukup baik, yaitu menghasilkan peningkatan yang signifikan perubahan skor rata-rata kemampuan komunikasi interpersonal pada saat pretest sebesar 21,50 mengalami peningkatan menjadi 44.60 pada saat posttest. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Siswa SMA, Teknik Sosiodrama.