Kepuasan Jamaah Haji Terhadap Pelayanan KBH di Kabupaten Jepara
Abstract
Abstract This research aims to know the level of pilgrims satisfaction on the service of KBH in Jepara district. This study used a mixed methodsapproach, combination of quantitative and qualitative methods. Technique of collecting data used questionnaires, interviewsand observations. This research was expected to give information and theoritical study materials for the general public, especially those related to the policy on the hajj. The results showed that the level of pilgrimssatisvaction was in very high because most ofpilgrims felt very satisfied with the service of KBH. Because of this, people strongly believe in the service of KBH, in both primary service and additional service. KBH faced many obstacles in providing services, specially related to avery limited portion for mentors sothat KBH couldn’t accompany the pilgrimsuntil in the holy land.Keywords: Pilgrims, satisfaction hajj, service KBHAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah haji terhadap pelayanan KBH di Kabupaten Jepara. Pendekatan yang digunakan adalah mixed methods, yakni suatu pendekatan yang mengkombinasi kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan questioner, dan hasil temuanditindak lanjuti dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan bahan-bahan kajian teoritik bagi masyarakat umum, khususnya terkait dengan kebijakan mengenai penyelenggaraanibadah haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan jamaah sangat tinggi karena sebagian besar jamaah haji merasakan sangat puas terhadap pelayanan yang dilakukan oleh KBH. Masyarakat sangat percaya dengan pelayanan KBH terutama karena baiknya kualitas pelayanan utama dan pelayanan tambahan. KBHmenghadapi berbagai kendala dalam memberikan pelayanan, terutama terkait dengan porsi pembimbing yang sangat terbatas sehingga KBH tidak bisa mendampingi jamaahhingga di tanah suci. Kata kunci : Jamaah haji, kepuasan jamaah, pelayanan KBH