PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MAHÂRAT AL-KALÂM DALAM MATA PELAJARAN

Abstract

Abstract: This study aims to improve the Maharat ala-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar through the use of talking stick in Arabic subject. This research was conducted by the method of action research path model proposed by Kemmis and Taggart. The main problem was formulated in this study was whether the use of talking stick method can improve the Maharat al-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar in Arabic subject. The results showed that the use of talking stick method proven effective in improving Maharat al-Kalam graders X3 MAN 2 Model Makassar. The implication of this finding was the appropriate conditioning set for the students will motivate them to complete the task well.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar melalui penggunaan metode talking stick dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan mengikuti alur yang dikemuka-kan Kemmis dan Taggart. Masalah utama yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Hasilnya menunjukkan bahwa, penggunaan metode talking stick terbukti efektif meningkatkan mahârat al-kalâm siswa kelas X3 MAN 2 Model Makassar dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Implikasi dari temuan hasil penelitian ini adalah bahwa pengkondisian yang diberikan kepada siswa secara tepat akan memotivasinya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya secara baik.