Sumber Belajar di Sekolah Luar Biasa Yaketunis Yogyakarta
Abstract
Perpustakaan sekolah sebagai salah satu tempat penyedia informasi sebagai penunjang proses belajar mengajar menjadikan tugas dan peranan guru dalam pemberdayaan perpustakaan menjadi penting. Tugas dan peranan guru di perpustakaan SLB/A menjadi sangat menarik karena mengingat siswa di SLB/A merupakan siswa tuna netra bahkan tuna ganda, siswa di SLB/A sangat tergantung pada guru yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pedoman wawancara dibuat sebagai instrument penelitian untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan peran guru sebagai tenaga perpustakaan di SLB Yaketuni Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mempunyai peranan penting dalam mengoptimalkan peran perpustakaan, pemberdayaan perpustakaan yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan pada saat proses belajar mengajar, guru juga memberikan pekerjaan rumah (PR) yang menggunakan bahan referensi di perpustakaan. Selain itu guru juga mengenalkan keberadaan perpustakaan pada siswa di SLB/A Yaketunis.Abstract : A school library as its role is to provide information must be well organized and managed. To achieve such a case, school library needs to have talent persons to organize and manage it. Tasks and roles in school library are complex like in SLB/A library. The library is conducted by a teacher librarian who has double duties, as a teacher and librarian. The study is a qualitative research. Some questions have been answered by the teacher librarian regarding its roles and daily duties. The study found that the teacher librarian has an important role to optimize the existence of the library, promoting library to the student in order to attract them to visit library, giving homeworks that the references can only be got in the the library. In addition, the teacher librarian also introduced how important the library was.