Persepsi Mahasiswa Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Tentang Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan
Abstract
Ilmu Perpustakaan merupakan pendidikan yang bertujuan untuk melahirkan pustakawan yang profesional. Persepsi mahasiswa perpustakaan terhadap ilmu perpustakaan sebagai disiplin ilmu menunjukkan bahwa adanya ketertarikan untuk belajar di jurusan ini, sebagai dsiplin ilmu yang multidispliner sehingga banyak mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya. Meskipun bagi mahasiswa semester junior yakni 1 dan 3 belum menunjukkan persepsi yang menarik baginya dari ilmu perpustakaan sebagai disiplin ilmu, sebab memang pada semester tersebut mata kuliah jurusan masih sedikit yang didapatkan.Untuk mahasiswa senior (semester 5 dan7) dan mahasiswa transfer dapat dikatakan bahwa persepsi awal tentang ilmu perpustakaan yang sebelumnya sama dengan pada saat mahasiswa junior, secara perlahan-lahan berubah dan menunjukkan persepsi akan ketertarikannya belajar Ilmu Perpustakaan dan semakin percaya diri terhadap jurusannya.Selanjutnya untuk persepsi mahasiswa ilmu perpustakaan terhadap pustakawan sebagai profesi menunjukkan adanya kepercayaan bahwa masa depan profesi pustakawan sangat urgen dalam era teknologi informasi dan kelimpahan informasi, apalagi peluang untuk menjadi pustakawan sangat terbuka karena masih banyak perpustakaan yang belum dikelola oleh tenaga yang ahli dibidangnya yakni pustakawan. Selain itu pada dasarnya profesi pustakawan sama dengan profesi lainnya. Dalam persepsi mereka pula, Mahasiswa perpustakaan sangat mengharapkan adanya perhatian yang lebih oleh pemerintah, penyelenggara pendidikan perpustakaan, institusi perpustakaan, asosiasi profesi, dosen dan alumni untuk melakukan upaya peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek yang selama ini menjadi kelemahan sehingga kedepannya ilmu perpustakaan dan profesi pustakawan semakin maju dan bermartabat.