Relevansi Kompetensi Petugas Perpustakaan dengan Kepuasan Pemustaka pada UPT Perpustakaan Sultan Agung Tirtayasa Banten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dengan kepuasan pemustaka. Lokasi penelitian ini dilakukan di UPT. Perpustakaan Sultan Agung Tirtayasa Banten yang berlokasi di Kampus Pakupatan Jl. Raya Jakarta KM 4 Serang Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksplanasi survey. Populasi dalam penelitian adalah anggota  aktif UPT. Perpustakaan UNTIRTA Serang Banten yang berjumlah 1065 orang dengan ukuran sampel sebanyak 92 orang. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sederhana. Teknik pengumpukan data  dilakukan melalui angket, wawancara, observasi serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pustakawan dengan kepuasan pemustaka pada perpustakaan UNTIRTA Serang banten. Sedangkan kesimpulan secara khusus dapat diketahui bahwa 1). Terdapat hubungan antara pengetahuan petugas perpustakaan dengan kepuasan pengguna, 2). Terdapat hubungan antara keterampilan petugas perpustakaan dengan kepuasan pengguna.ABSTRACTThis study aims to determine the relationship between the competence of librarians with pemustaka satisfaction. The location of this research conducted in UPT. Library of Sultan Agung Banten Tirtayasa Pakupatan Campus located at Jl. 4 KM Jakarta Raya Serang Banten Province. The method used in this study using a survey of explanation. The population in this research is an active member of UPT. Library UNTIRTA Serang Banten totaling 1065 people with a sample size of 92 people. For sampling technique using simple random sampling. Mechanical pengumpukan data is done through questionnaires, interviews, observations, and through the study of literature. Based on the survey results revealed that there is a correlation between the competence of librarians with library UNTIRTA pemustaka satisfaction Serang Banten. While the conclusions in particular it is known that one). There is a relationship between knowledge librarian to user satisfaction, 2). There is a relationship between the skills of the librarian to user satisfaction.