The Factors Influencing The Student’s Motivation To Use Foreign Language (In Use English And Arabic)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa yang bersekolah di dalam Asrama/ Pondok Pesantren di Makassar dalam penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menginvestigasi faktor yang memengaruhi motivasi siswa dalam menggunakan dua bahasa tersebut dengan berfokus pada faktor intrinsik dan ekstrinsik. Metode yang digunakan adalah deskripsi. Populasi diambil dari beberapa siswa Pondok Pesantren yang terdapat di Makassar seperti Pondok Pesantren Annahdlah, Pondok Pesantren Madina and Pondok Pesantren Ummul Mukminin. Pada pengumpulan data, penulis menggunakan questionnaire yang dihitung menggunakan skala Likert. Penulis juga menggunakan statistic Descriptif yang berdasarkan pada pendekatan Jerremy Harmer dan teori Moslow’s dalam menganalisa data yang diperoleh. Penelitian ini menemukan bahwa adanya dua faktor yang memengaruhi motivasi seorang siswa saat mereka menggunakan dua bahasa yang mereka sudah ketahui, yaitu: faktor intrinsik and ektrinsik. Faktor intrinsik dalam menggunakan dua bahasa ada empat yaitu; kondisi fisik, metode, guru, dan kesusksesan. Sementara faktor Ektrinsiknya ada empat yaitu integratif, instrumental, hukuman, dan juga faktor orang tua. Hasil dari keseluruhan analisa pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Ekstrinsik lebih besar memengaruhi motivasi siswa di Pondok Pesantren dari pada faktor Intrinsik. Implikasi pada penelitian ini agar supaya bisa memberikan deskripsi atau gambaran yang lebih banyak kepada para pembaca khususnya kepada Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris/Arab tentang Faktor yang dapat memengaruhi motivasi siswa dalam menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab yang sudah mereka ketahui dan bagaimana mereka mampu mengambil pelajaran untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari diri mereka sendiri.