Studi Komparasi Implementasi Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 Mapel Pendidikan Agama Islam pada Kajian Standar Kompetensi

Abstract

Ketegasan kurikulum dan implementasinya sangat dibutuhkan untuk membenahi kinerja pendidikan yang jauh tertinggal. Indonesia di era reformasi, telah mengalami tiga perubahan kurikulum, yaitu: KBK, KTSP dan K. 2013. Dari perkembangan kurikulum yang terjadi kemungkinan adanya perbedaan implemensi pada standar kompetensinya, maka hal ini perlu dikaji. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan  fenomenologis. Objek studi pada implementasi KTSP dan K. 2013 di SMA N 1 Salatiga, SMA Islam Sudirman dan SMA N 1 Tengaran. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan analisis induksi analitik. Hasil Penelitian: Implementasi KTSP PAI pada SK di SMAN 1 Salatiga, SMA Islam Sudirman Ambarawa dan SMAN 1 Tengaran Kabupaten Semarang  tahun pelajaran 2013/2014 telah terlaksana dengan baik karena telah mengikuti struktur kurikulum yang ditentukan,  Implementasi K. 2013 Mapel PAI pada SK terimplementasi baik, Standar Isi diturunkan dari SKL melalui KI. Perbedaan mendasar pada SK, SI dan SKL menjadi acuan utama pengembangan KTSP, sedangkan K. 2013 SKL dan KI menjadi acuan utama. Faktor penghambat adalah dalam memberikan penilaian, media riil, waktu, penyusunan RPP,  siswa kesulitan materi. Penanganannya dengan cara melengkapi sarpras, mengirim guru dalam pelatihan, menyederhanakan materi pelajaran, memberikan jam tambahan dan konsultasi akademik pada siswa.Curriculum assertiveness and its implementations are needed to improve educational performance that is far behind. Indonesia in the reform era, has undergone three changes of curriculum, namely: CBC, SBC and 2013 Curriculum. Fronm there, it is possible that there are differences in the implementations and competence standard, then it needs a study. it utilizes a qualitative research with phenomenological approach. The object of the study is the implementation of SBC and K., 2013 in SMA N 1 Salatiga, SMA Sudirman and SMA N 1 Tengaran. The data collection is through observation, documentation and interview with the analysis of analytic induction. the results are: the SBC implementation of PAI SK at SMAN 1 Salatiga, SMA Islam Sudirman Ambarawa and SMAN 1 Semarang 2013/2014 has performed well since they have followed the prescribed curriculum structure, K. 2013 Implementation of PAI SK is well , Content Standards is derrived from SKL through KI. The fundamental difference in SK, SI and SKL become the main reference of SBC curriculum development, whereas K. 2013 and KI become the main reference. The nhibiting factors are in providing an assessment, real media, time, preparation of lesson plans, the students' diffulty to the material. they are fixed by completing facilities, sending teachers to trainings, simplifying the materials, providing additional hours and academic advising to students. Kata Kunci: KTSP, Kurikulum 2013, Standar Kompetensi