Strategi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan profesionalisme tenaga pendidik di madrasah, penelitian ini adalah penelitan diskriptif kualitatif yang mencoba mengeksplorasi makna profesionalisme pendidik sebagai langkah mengembangkan mutu madrasah dengan menyesuaikan tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini melihat guru sebagai kunci atau figur sentral dalam penyelenggaraan pendidikan atau peningkatan mutu pendidikan madrasah, yang memiliki posisi yang sangat strategis bagi seluruh upaya reformasi pendidikan yang berorientasi pada pencapaian kualitas murid dan persekolahan. Hal ini disebabkan, pada era globalisasi yang makin masif dan ekstensif ini, tanpa didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, suatu Negara akan tertinggal jauh. Tolak ukur pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi prioritas yang sangat urgen dalam pembentukan kepribadian bagi setiap Negara. Dalam menghadapi persaingan sosial, ekonomi, tekhnologi, dan kemanusiaan, semakin bereskalasi secara massif, Maka persyaratan kemampuan yang diperlukan orang untuk melakukan pekerjaan semakin meningkat, dimulai dari pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Dari sinilah, tuntutan akan perlunya profesionalisme dalam bekerja bagi seorang tenaga pendidik sangat dibutuhkan untuk memacu keberhasilan peserta didiknya. Betapapun baiknya kurikulum yang dirancang para ahli dengan ketersediaan peralatan dan biaya yang cukup sesuai dengan pendidikan, namun pada akhirnya keberhasilan pendidikan secara professional terletak ditangan guru. This study aims to determine the development strategy of the professionalism of educators at the school, this research is descriptive qualitative research that tries to explore the meaning of professionalism of teachers as a step to develop the quality of islamic education by adjusting educational purposes. In this study, the teacher is a  key or central figure in education or improving the quality of Islamic education, which has a very strategic position for all reforms oriented educational attainment of pupils and the quality of schooling. This is because, in the era of globalization, is more massive and this extensive, unsupported by human resources  quality, A State would be left far behind. The measurement of development  human resources is a priority that is extremely vital in the formation of personality to any State. In the face of social , economics, technology competition, and humanity, increasingly escalated massively, then the requirements of the capabilities required to do the work increased, starting from the knowledge, skills and attitudes. So  "professionalism in the works" for the educators is needed to spur the success of learners. Although  well-designed curriculum was made by  experts with complete facilities, but the success of professional education lies in the hands of teachers. Kata Kunci: pengembangan SDM, profesionalisme, tenaga pendidik