Efektivitas Penilaian Sertifikasi Guru Kelas MI melalui Kegiatan PLPG Kuota Tambahan Tahun 2013

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tentang evektivitas penilaian sertifikasi guru kelas MI melalui kegiatan PLPG. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan mengkaji referensi yang bersumber dari perpustakaan. Dalam penelitian ini didapatkan beberapa kesimpulan kesimpulan: pertama, proses dan intstrumen penilaian sertifikasi guru kelas MI melalui PLPG pada guru kelas MI se-kecamatan Mejobo kabupaten Kudus yang telah mengikuti PLPG sudah terlaksanakan dengan baik dan sesuai dengan peraturan pemerintah; kedua, pandangan guru kelas MI se-kecamatan Mejobo kabupaten Kudus yang telah mengikuti PLPG terhadap penilaian sertifikasi guru kelas MI melalui PLPG sudah baik, karena banyak guru yang pada awal datangnya terlihat pasif kemudian menjadi aktif dan kreatif; ketiga, ketercapaian penilaian sertifikasi guru melalui kegiatan PLPG dapat dilihat melalui meningkatnya motivasi para guru dalam mengajar, membangun mental positif para guru dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru, guru terdidik melaksanakan tugas dengan sepenuh hati, dan guru dapat melaksanakan pembelajaran aktif; keempat, kurang efektifnya penilaian sertifikasi guru melalui kegiatan PLPG di LPTK Rayon 232 IAIN terkendala pada sisi teknis waktu pelaksanaan PLPG yang singkat sehingga berimbas pada kedalaman pemahaman guru terhadap materi yang diberikan.This paper aims to describe the effectiveness of assessment of MI (Madrasah Ibtidaiyah: Indonesian State Islamic Primary School)  teacher certification through PLPG activities. This research uses descriptive analytical method to assess references from the library. In this study, as the first conclusion, the processes and the assessment instrument of certification in PLPG LPTK Rayon 232 IAIN Surakarta (additional quota of 2013) for the teachers of District Mejobo, Kudus has properly fulfilled the standard in accordance with the regulations and operational guidelines as directed by the government. Secondly, from the teachers’ point of view, the assessment of MI teachers certification through PLPG is already good because many teachers look passive initially then becomes active and creative at last. Thirdly, the assessment of teacher achievement, to be certified through PLPG activities, basically aims to increase the motivation of teachers in their teaching implementation. Fourthly, the ineffective assessment of teacher certification through PLPG is due to the “short time” (the length of time) allotted for the PLPG which brings about the effect on the deepness of the teachers' understanding on the materials supplied. Kata kunci: penilaian, sertifikasi, PLPG