Peningkatan Prestasi Belajar Baca Tulis Al Qur’an Materi Hukum Bacaan Mad melalui Metode Drill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar materi hukum bacaan mad pada siswa kelas V SD Secang 3 Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2012. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas. Subjek penelitan adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Test analisa data menggunakan teknik analisis kuantitatif sekaligus kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan langkah-langkah (a) menyusun rencana, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan (d) refleksi. Akhir refleksi pada siklus ketiga menunjukkan bahwa tujuan telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi hukum mad pada siswa Sekolah Dasar Negeri Secang 3 Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2012. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan 74 % dengan rata-rata nilai 68,6, siklus II dengan ketuntasan 93 % dengan rata-rata nilai 80, dan siklus III dengan ketuntasan 100 % dengan rata-rata nilai 85. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki metode pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Secang 3 Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2012 dapat meningkat. This study aims to determine whether the drill method can improve learning achievement of mad materials in class V SD Secang 3 of Magelang regency in 2012 or not. It is a Classroom Action Research. The research subjects are all students of class V. The data collects by documentation and observation. The data analysis uses both quantitative and qualitative. This research was conducted in three cycles with the steps (a) plan, (b) action, (c) observation and (d) reflection. The end of the reflection in the third cycle indicates that the objective has been achieved so that the study was stopped in three cycles. The results showed that the drill method can improve learning achievement in materials of mad at State Elementary School Secang 3 students. The increase in student achievement in the first cycle with completeness 74% with an average score of 68.6, the second cycle with completeness 93% with an average score of 80, and the third cycle with the completeness of 100% with an average score of 85. This research is helpful for teachers as input in order to improve teaching methods so class V student achievement of Secang 3 Public Elementary School can be improved.  Kata kunci: drill, mad, sekolah dasar