ENHANCING LEARNERS’ MOTIVATION IN ESL CLASSROOM THROUGH GAMES

Abstract

Motivasi merupakan salah satu aspek penting bagi tenaga pendidik, dalam hal ini guru dan para instruktur bahasa atau mereka yang memegang peranan penting dalam mensukseskan proses pembelajaran bahasa (bahasa Inggris sebagai bahasa kedua)—disebut ESL (English asimilasi Second language). Faktor motivasi di kelas dapat dilekatkan kepada faktor-faktor lain seperti tingkatan bahasa, tingkatan anak didik dan situasi pembelajaran. Lebih dari itu, motivasi anak didik utamanya yang membentuk aktifitas pembelajaran, dapat dipahami dengan mudah melalui konsep motivasi tersebut, baik yang bersifat ekstrinsik maupun intrinsik. Berkenaan dengan upaya peningkatan motivasi anak didik di dalam kelas, seorang guru atau instruktur bahasa harus membentuk lingkungan belajar yang kondusif bagi anak didik termasuk strategi pengajaran yang kreatif. Salah satu bentuk media yang digunakan adalah “Game” (permainan). Permainan mampu menjadi motivator yang tepat dan efektif. Artikel ini mencoba membahas konsep motivasi guru dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Dengan demikian, suasana kelas dan penggunaan game diharapkan mampu meningkatkan motivasi guru di dalam kelas.