PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN POLA PEMBELAJARAN INTEGRALISTIK (STUDI KASUS PADA SMPIT IQRA’ BENGKULU, INDONESIA)

Abstract

Pendidikan Akhlak dengan Pola Pembelajaran Integralistik (Studi Kasus pada SMPIT Iqra’ Bengkulu, Indonesia). Tulisan ini mendeskripsikan penerapan pola pendidikan budi pekerti (Akhlak) secara terintegralistik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Iqra’ Bengkulu. Ada empat permasalahan yang dijawab melalui tulisan ini. Pertama, alasan-alasan SMPIT Iqra’ Bengkulu mengembangkan pendidikan budi pekerti dengan pendekatan integralistik. Kedua, pandangan dan konsepsi pendidikan budi pekerti dengan pendekatan integralistik yang berkembang di SMPIT Iqra’ Bengkulu. Ketiga, bentuk-bentuk pelaksanaan pendidikan budi pekerti dengan pendekatan integralistik di SMPIT Iqra’ Bengkulu. Keempat, dampak dari pelaksanaan pendidikan budi pekerti dengan pendekatan integralistik di SMPIT Iqra’’ Bengkulu terhadap penguatan dimensi akhlak peserta didik. Tulisan ini telah membuktikan bahwa pola pendidikan budi pekerti (Akhlak) secara terintegralistik telah dipraktekkan oleh Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Iqra’ Bengkulu. Hal ini ditandai penerapan metoda pengajaran terpadu (integrated learning), mengintegrasikan antara guru agama dengan guru non agama, materi umum dengan materi agama, antara kegiatan kurikuler dengan kegiatan ekstrakurikuler, serta integrasi antara sekolah dengan orang tua/masyarakat. Pendidikan budi pekerti di SMPIT Iqra’ dirancang dan dilaksanakan secara terprogram, baik dengan program tahunan maupun semesteran.