PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Prospek dan Tantangan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Konsep fundamental dari teknologi pendidikan memungkinkan pelajar untuk belajar secara optimal melalui pemanfaatan berbagai sumber pembelajaran yang cocok dengan kondisi dan lingkungan mereka. Konsep ini membawa tantangan baru seiring perubahan dunia secara cepat. Tantangan ini, menurut The International Commission on Education, selama abad 21 ini membutuhkan perkembangan empat pilar dari pondasi pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan pembelajaran sepanjang hayat. Keempat pilar tersebut adalah: belajar untuk jadi apa, belajar untuk tahu, belajar untuk apa, dan belajar untuk kehidupan bersama yang harmoni. Penerapan konsep teknologi pendidikan bermacam-macam tergantung kebutuhan dan ketersediaan sumbernya. Perkembangan awal dari teknologi pendidikan dulunya dihubungkan dengan media audio visual. Kurun waktu lima tahun pertama perkembangannya, pada tahun 1969 tercatat pemanfaatan siaran radio untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Sejumlah kajian dan proyek unggulan telah dilakukan, dan hasil evaluasi dinyatakan bahwa pemanfaatan siaran radio adalah yang terbaik untuk digunakan sebagai sarana dan program peningkatan bagi guru-guru di 11 dari 26 propinsi.