PENDIDIKAN HAK ASASI MANUSIA DAN ILMU SOSIAL (ANALISIS UPAYA RESOLUSI KONFLIK)

Abstract

Pendidikan Hak Asasi Manusia dan Ilmu Sosial: Analisis Upaya Resolusi Konflik. Pendidikan universalitas konsep Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi isu dan fenomena sosial yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Konsep HAM tidak dapat berdiri sendiri tanpa ilmu sosial lainnya. Maka, diperlukan pendekatan integrasi dan interkoneksi dalam memahami HAM dan relasinya dengan Ilmu sosial, misalnya dalam tulisan ini dibatasi pada politik, sosiologi, psikologi, dan antrologi. Ketimpangan-ketimpangan yang terjadi, termasuk dalam pelanggaran HAM, baik dalam ekonomi, hukum, agama dan lain sebagainya, terutama sering dijumpai pengekangan terhadap hak-hak kaum minoritas. Relasinya dengan resolusi konflik yaitu melihat masnusia dengan pendekatan masalah yang dihadapi, baik dengan teori psikologi, politik, maupun sosiologi. Dengan demikian, seseorang akan memahami masalah secara objektif.