STUDI ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, kualitas, dan validitas teoritis, serta kaidah penyusunan bahasasetiap butir soal latihan buku ajarbahasa Arab Madrasah Tsanawiyah agar diperoleh soal yang bermutu sebelum soal digunakan.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber primer yang digunakan buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah yang sesuai dengan permenag No.2 tahun 2008, sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku evaluasi, dan kisi-kisi soal. Analisis data terhadap butir soal diteliti untuk mengetahui bentuk, kualitas penyusunan, dan bahasa soal. Untuk mengetahui kualitas soal di lihat dari validitas teoritis, menggunakan kriteria; 1) kesesuaian soal dengan kompetensi dasar dan indikator; 2)kesesuaian soal dengan materi yang diujikan; 3) kesesuaian isi materi dengan jenjang, jenis sekolah dan tingkat kelas; 4) kesesuaian isi materi yang ditanyakan dengan perkembangan peserta didik; 5) kesesuaian isi materi dengan tujuan tes. Adapun hasil temuan pada penelitian ini adalah; 1) bentuk-bentuk soal latihan dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah berbentuk: pilihan ganda, menjodohkan, jawab singkat, uraian yang berbentuk menerjemahkan dan menyusun kalimat; 2) kualitas soal latihan dilihat dari validitas teoritis tergolong sangat baik, karena prosentasenya telah memenuhi kriteria di atas 85%; 3) kualitas soal latihan dilihat dari penyusunan soal dan bahasa berdasarkan kesesuaian dengan kriteria penyusunan soal dan bahasa pada pada berbagai buku ajar tergolong baik dan memenuhi kritera karena prosentase terkecil 66,66%.