IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NAHWU SHARAF DI PONDOK PESANTREN MIFTAAHUL ‘ULUUM LAMPUNG
Abstract
Lemahnya penguasaan memahami literatur berbahasa arab bagi umat islam non arab merupakan kendala yang urgen untuk diatasi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya disebabkan tidak menguasai ilmu grmatika bahasa arab dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian pendidikan nahwu sharaf di Pondok Pesantren Miftaahul ‘Uluum dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan nahwu sharaf di Pondok Pesantren Miftahul Uluum meliputi metode ma’nani, murodi, penjelasan gramatika, hafalan, penguatan dan sorogan dengan menggunakan kegiatan pengajian diniyah, syawir dan muhafadzah.