DIKOTOMI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : ANTARA KNOWLEDGE DAN PERFORMANCE

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa penting untuk dimiliki oleh umat Islam. Bahasa yang mengandung makna mendalam karena sumber pedoman agama Islam berupa al-Qur’an dan al-Hadist disampaikan dengan menggunakan bahasa Arab. Dalam kajian ini penulis berusaha menelaah secara mendalam problematika pembelajaran yang selama ini terjadi pada praktik pembelajaran bahasa Arab di beberapa lembaga pendidikan. Kajian ini lebih spesifik berupa kajian studi kepustakaan dengan menelaah artikel hasil kajian terdahulu, buku dan beberapa referensi lainnya. Hasil kajian ini mengerucutkan kepada beberapa problem yang muncul dalam praktik pembelajaran bahasa Arab seperti problem linguistik dan problem non-linguistik. Dalam banyak kasus ditemukan problem mendasar selain dua diatas adalah munculnya tipologi pandangan bahwa kemampuan berbahasa merupakan knowledge, pandangan kedua kemampuan berbahasa merupakan habit yang memerlukan ikhtiar performan dalam berkomunikasi, dan ketiga menyebutkan kemampuan berbahasa mencakup keduanya. Akan tetapi yang selama ini berjalan bahwa praktik pembelajaran bahasa Arab masih cenderung bersifat knowledge dan dan menomerduakan sisi performansi dalam berkomunikasi.