Pengaruh Sharia Marketing terhadap Loyalitas Anggota KSPPS BMT Walisongo Semarang

Abstract

Islamic business has always been held based on the principle of justice and equilibrium. Remembering that business now is very competitive, many financial institutions in doing their marketing activities deviate from sharia principles only to meet the needs, desires and to satisfy customers so that they do not moveto other places to get a lot of profit. The development of number of members in KSPPS BMT Walisongo Semarang experienced an increase in deposit products and decline in financing products in 2016.The formulation of the problem in this research is how the influence of sharia marketing (product, price, place, promotion) toward the loyalty of members of KSPPS BMT Walisongo Semarang. The purpose of this research is to know the influence of sharia marketing (product, price, place, and promotion) toward the loyalty of KSPPS BMT Walisongo Semarang.This research is a field research with quantitative approach. The population of this research is all members of KSPPS BMT Walisongo Semarang which is amounted 2,469. Sampling technique used in this research is Slovin formula amounted 100 people who will be selected to be respondents with certain criteria. The method used in this research is purposive sampling. The technique of analyzing the data is simple regression.From the simultaneous calculation results obtained t count is equal to (6,558) and p value (sig) is equal to 0.000 below 5% which means that there is significant influence between sharia marketing (product, price, place, promotion) toward member loyalty. The four dimensions of sharia marketing have a positive and significant influence on member loyalty. But in this study, products have a significant influence on loyalty members.Bisnis Islami pada hakikatnya selalu memegang asas keadilan dan eseimbangan. Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak lembaga keuangan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syariah hanya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain serta untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Perkembangan jumlah anggota di KSPPS BMT Walisongo Semarang mengalami peningkatan pada produk simpanan dan mengalami penurunan pada produk pembiayaan pada tahun 2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Walisongo Semarang.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota KSPPS BMT Walisongo Semarang yang berjumlah 2.469. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 100 orang dengan didukung penelitian terhadap anggota yang akan dipilih menjadi responden dengan kriteria-kriteria tertentu. Metode dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Teknik analisa yang digunakan adalah regresi sederhana. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh t hitung sebesar (6,558) dan p value (sig) sebesar 0,000 dibawah 5% yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota. Keempat dimensi dalam sharia marketing sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Namun dalam penelitian ini produk yang lebih memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas anggota.