Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Melalui Pengangkatan Kiai Sebagai Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) di Madura
Abstract
Madura, yang merupakan wilayah yang mayoritas berpenduduk Muslim, tentunya sangat kental dengan budaya dan tradisi keislaman. Masyarakat Madura juga sangat taat pada syari’at Islam dan kiai. Karenanya, studi ini mengungkap tentang persepsi masyarakat Madura terhadap perbankan syari’ah dan bagaimana peran kiai anggota DPS sebagai public relation bagi perbankan syari’ah di Madura. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di dua kabupaten di Madura, yaitu Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep. Hasil studi ini menunjukkan bahwa masyarakat Madura memandang bahwa bank syari’ah sama dengan bank konvensional. Perbedaannya hanya pada kosa kata belaka dan penggantian bunga diganti dengan sistem bagi hasil. Karenanya, diperlukan keberadaan kiai sebagai anggota DPS. Kiai di Madura yang menjadi anggota DPS juga menjadi public relation perbankan syari’ah yang sangat berpengaruh di kalangan masyarakat Madura. Dalam hal ini, masyarakat Madura memberikan simpati kepada kiai.Copyright (c) 2016 by KARSA. All right reserved DOI: 10.19105/karsa.v24i2.889