PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BALAGHAH BERBASIS PENDEKATAN ADÂBÎ
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya tingkat apresiasi mahasiswa ter-hadap materi kesastraan, khusunya balaghah. Untuk itu, dilakukan penelitianini dengan fokus sebagai berikut: a) bagaimana gambaran materi ajar balaghahdengan menggunakan pendekatan adâbî?; b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaranmata kuliah balaghah dengan menggunakan materi yang disusun berdasarkanpendekatan adâbî?; c) Bagaimana persepsi mahasiswa yang belajarbalaghah dengan menggunakan materi ajar berbasis pendekatan adâbî?; d)Bagaimana kualitas prestasi balaghah mahasiswa yang belajar denganmenggunakan materi ajar yang berbasis pendekatan adâbî? Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel dalampenelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan balaghahsebanyak 48 orang. Hasil penelitian sebagai jawaban atas permasalahan di atasadalah: 1) tersusunnya bahan ajar balaghah dengan pendekatan adâbî; 2) Tersusunnyalangkah-langkah pembelajaran balaghah dengan pendekatan adabiyang meliputi: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Langkah-langkah pendekatanadâbî adalah sbb: pengajar menyampaikan suatu konsep yangmengandung aspek bahasan kepada para mahasiswa, kemudian mereka mengungkapkannya ke dalam bahasa Arab dengan menggunakan uslûb yangvariatif, setelah itu pengajar tidak menyampaikan konsep-konsep dan kaidahkaidahbalaghahsecaraberlebihandancukupmenyampaikanhal-halyangbersifat‘umdah (pokok), dan materi serta tema-tema dalam pembelajaran lebihbanyak berkaitan dengan teks-teks sastra yang memiliki keindahan bahasa danmakna; 4) Pendekatan adabi menuntut untuk memperbanyak latihan-latihanapresiasi sehingga dalam diri mahasiswa tumbuh dzauq (perasaan) pada senidan keindahannya; 5) ada lima aspek yang ditanyakan kepada para mahsiswamengenai pendekatan adabi, yaitu: apersepsi yang dilakukan oleh dosen,metode pembelajaran yang digunakan, teknik menjelaskan materi, media pembelajaranyangdigunakan,dancontoh-contohyangdisajikanolehdosen.Sebagianbesar mahasiswa menyatakan kelima aspek tersebut menarik. Mengenaipengaruh pendekatan adabi terhadap apresiasi mahasiswa sebagian besar mahasiswamenyatakanbahwapendekatanadabiberpengaruhpadakemampuanapresiasimereka.