KEBERTAHANAN PESANTREN TRADISIONAL MENGHADAPI MODERNISASI PENDIDIKAN

Abstract

Modernisasi pendidikan berupa penyelenggaraan pendidikan sekolah danmadrasah modern mengakibatkan banyak pesantren yang mengubah sistempendidikannya  dengan menyelenggarakan pendidikan yang memasukkan ilmuilmunon keislaman. Akhir-akhir ini, pesantren-pesantren tersebut menyelenggarakansistem pendidikan sekolah dengan menggunakan kurikulum yangmengikuti program dan kurikulum pemerintah. Sementara itu terdapatpesantren yang tetap bertahan dengan sistem pendidikan tradisionalnya danmenolak pendidikan sekolah dan madrasah modern. Pondok Pesantren Al-Is’afmerupakan salah satu pesatren dengan tipe tersebut. Fokus penelitian  ini adalahaspek-aspek kebertahanan Pesantren salaf Al-Is’âf dengan sistem pendidikantradisionalnya di tengah arus modernisasi pendididkan, berupa sistempendidikan madrasah dan sekolah formal, landasan berpikir Pengasuh PesantrenAl-Is’âf bertahan menghadapi modernisasi pendidikan, faktor-faktor yangmempengaruhi kebertahanannya dan implikasi kebertahanan pesantren ditengah arus modernisasi terhadap proses pembelajaran  yang dilaksanakannya.