REPRESENTASI PESAN-PESAN DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA
Abstract
Film memiliki potensi untuk memengaruhi dan membentuk masyarakat berdasarkan muatan pesan dibaliknya. Salah satu film yang cukup fenomenaladalah film Ayat-Ayat Cinta. Film ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.Karenanya, kajian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pesan-pesandakwah secara verbal dan nonverbal dalam film Ayat-Ayat Cinta. Kajian inimenggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisissemiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotatif, maknakonotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan,dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film AyatAyatCinta merupakan film yang merepresentasikan pesan-pesan dakwah,baikĀ pesan verbal maupun pesan nonverbal. Pesan-pesan dakwah verbal adayang bersifat mengajak, seperti anjuran menikah, menjunjung tinggiperempuan, dan berperilaku adil dalam berpoligami, hubungan sesamaMuslim. Ada yang bersifat melarang, seperti dilarang bersentuhan denganyang bukan mahramnya. Demikian juga, pesan-pesan dakwah nonverbal adayang bersifat mengajak, seperti menjaga pandangan untuk menghindari zinamata dan mengerjakan shalat sebagai media komunikasi spiritual, dan adayang bersifat melarang, seperti aurat laki- laki.