BUDAYA CORPORATE DAN RENTABILITAS BANK UMUM SWASTA SYARI’AH INDONESIA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji perbedaan signifikan ROA BNI Syari’ah, BSM, BMI dan BSMI; (2) menguji perbedaan signifikan ROE BNI Syari’ah, BSM, BMI dan BSMI; (3) menguji perbedaan signifikan BOPO BNI Syari’ah, BSM, BMI dan BSMI dan (4) menguji perbedaan signifikan NPM BNI Syari’ah, BSM, BMI dan BSMI. Data penelitian bersumber dari data sekunder berupa data panel (pooled data) yang merupakan gabungan data silang (cross section) dan data runtun waktu (time series) selama kurun waktu 29 bulan (Juni 2010-Oktober 2012). Analisis data menggunakan statistika nonparametrik, yaitu uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ROA keempat sampel tidak identik (data ROA keempat bank berbeda); (2) ROE keempat sampel tidak identik (data ROE keempat bank berbeda); (3) BOPO keempat sampel tidak identik (data BOPO keempat bank berbeda) dan (4) NPM keempat sampel tidak identik (data NPM keempat bank berbeda). Abstract: The aim of this research are: (1) to test differences significantly ROA BNI Syari’ah, BSM, BMI and BSMI, (2) test the differences significantly ROE BNI Syari’ah, BSM, BMI and BSMI, (3) test the differences significantly BOPO BNI Syari’ah, BSM, BMI and BSMI and (4) test the differences significantly NPM BNI Syari’ah, BSM, BMI and BSMI. Research data sourced from secondary data panel (pooled data) which is a combination of data cross (cross section) and time series data (time series) during the period of 29 months (June 2010-October 2012). Analysis of the data using a nonparametric statistical Kruskal-Wallis test, The results showed that: (1) ROA four samples are not identically (data ROA four different banks), (2) the four samples are not identically ROE (ROE data is four different banks); (3) BOPO four identical samples (data BOPO four different banks) and (4) the fourth NPM sample is not identically (data NPM four different banks). Kata Kunci: Rentabilitas, ROA, ROE, BOPO, NPM, BNI Syari’ah, BSM, BMI, BSMI