PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CELL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHAAROH AL-KALAAM PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI PROVINSI RIAU

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe pretest-post test control group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi learning cell dalam meningkatkan Maharah al Kalam pada siswa Mts Provinsi Riau. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 Mts di Provinsi Riau dan objeknya adalah penerapan learning cell dan efektifitasnya dalam meningkatkan Maharat al- Kalam. Populasinya adalah semua siswa Mts yang ada di Provinsi Riau di 12 kabupaten dan kota, sedangkan yang jadi responden adalah siswa Mts kelas 1 di 4 kabupaten, yaitu MTsN Kampar, MTsN Pangkalan Kerinci, MTs Hidayatullah Lubuk Dalam, dan MTs Madinatun Najah Rengat. Pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Observasi digunakan untuk melihat ketepatan pelaksanaan strategi, angket untuk melihat respon siswa terhadap strategi, dan tes lisan untuk mendapatkan data tentang Mahaarah al-Kalam. Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan strategi Learning cell dengan peningkatan Mahaarat al kalam pada siswa MTs di Provinsi Riau