PERSPEKTIF ISLAM TENTANG PENGINTEGRASIAN ILMU AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN ILMU SAINS DAN PENERAPANNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Al-Qur`an banyak memuat tentang pokok-pokok bahasan ilmu Biologi kompensional (umum), sebagaimana yang termaktub dalam kurikulum ilmu Biologi tersebut. Di samping adanya kaitan ayat-ayat al-Qur`an dengan pokokpokok bahasan ilmu biologi, ia memiliki urgenitas, yaitu adanya pertemuan antara ayat kawniyah dengan ayat qur`aniyah yang saling bersesuaian dan bersepadanan. Apabila dilakukan pola komfirmasi dan komunikasi pokok bahasan ilmu Biologi dengan ayat-ayat al-Qur`an, maka dapatlah dipertemukan sebuah “ model kurikulum terintegrasi pada mata pelajaran ilmu Biologi dan Akhlak Mulia “, sebab, al-Qur`an mengaitkan pokok bahasan ilmu Biologi dengan aspek akhlak mulia, soal iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, model kurikulum terintegrasi penting dilaksanakan oleh lembaga pendidikan Islam. Karena lembaga pendidikan Islamlah yang dapat dianggap mempelopori model kurikulum terintegrasi ini.