PENGARUH METODE KOOPERATIF, KOMANDO DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET SISWA PUTERI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PEKANBARU
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa keterampilan bermain bolabasket siswa puteri kelas VIII SMP Negeri 9 Pekanbaru, keterampilan bermain bolabasket masih rendah, dan masih banyak siswa yang belum menguasai teknik dasar bolabasket, selain itu pengajaran belum sistematis dan siswa asal-asalan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode kooperatif, komando dan percaya diri terhadap keterampilan bermain bolabasket siswa puteri kelas VIII SMP Negeri 9 Pekanbaru.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperiment). Populasi penelitian ini adalah siswa puteri kelas VIII SMP Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 90 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 48 orang setelah dilakukan pembagian kelompok 27% kategori percaya diri tinggi dan 27% kategori percaya diri rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan bermain bolabasket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varians dua jalur (ANAVA 2X2).Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan bermain bolabasket antara kelompok metode pembelajaran kooperatif dengan kelompok metode pembelajaran komando, (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat percaya diri terhadap peningkatan keterampilan bermain bolabasket, (3) pada percaya diri tinggi metode pembelajaran kooperatif lebih efektif daripada metode pembelajaran komando terhadap peningkatan keterampilan bermain bolabasket siswa puteri kelas VIII SMP Negeri 9 Pekanbaru, (4) sedangkan pada percaya diri rendah metode pembelajaran komando lebih efektif daripada metode pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan keterampilan bermain bolabasket siswa puteri kelas VIII SMP Negeri 9 Pekanbaru