PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LISTENING TEAM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Listening Team berpengaruh terhadap pemahaman siswa di SMAN 1 Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singing ipada mata pelajaran ekonomi akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekperimental Design dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Bentuk ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok diberikan perlakuan, sedangkan kelompok lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran kooperatif Listening Team, dan kelompok yang tidak diberi perlakuan yaitu kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif Listening Team terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi