MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN STAIN KUDUS (STUDI KASUS SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN DOSEN PRODI MANAJEMEN BISNIS SYARI’AH STAIN KUDUS)

Abstract

The evaluation system is an important part of the curriculum component used to measure achievement of learning objectives. In learning at STAIN Kudus, each lecturer has different models and forms of learning evaluation. This study aims to examine the model of learning evaluation conducted by lecturers in Sharia Business Management Program (MBS) in 2014. As a result, the evaluation system consists of two types, test and non test. In the type of evaluation the test consists of written tests, oral and deeds. In the written test, there is an objective test form and a description test. While non-tests can be done through observation, portfolio, attitude instruments and so on. Evaluation system used by lecturers on MBS STAIN Kudus Prodi in general is a form of written test type description. Although there are some lecturers who use objective writing tests and oral tests.Sistem evaluasi merupakan bagian penting dari komponen kurikulum yang digunakan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran di STAIN Kudus, setiap dosen memiliki model dan bentuk evaluasi pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang model evauasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di Program studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) tahun  2014. Hasilnya, sistem evaluasi terdiri dari dua jenis, tes dan non tes. Pada jenis evaluasi tes terdiri dari tes tulis, lisan dan perbuatan. Pada tes tulis, terdapat bentuk tes obyektif dan tes uraian. Sedangkan non-tes bisa dilakukan melalui observasi, portofolio, instrumen sikap dan sebagainya.Sistem evaluasi yang digunakan oleh dosen pada Prodi MBS STAIN Kudus secara umum adalah bentuk tes tulis jenis uraian. Meskipun ada beberapa dosen yang menggunakan tes tulis obyektif dan tes lisan.