MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI BIMBINGAN SELF REGULATED LEARNING
Abstract
This study was conducted to design a guidance model of self regulated learning and test effectiveness of this model in improving quality of students scientific work. Design of model is done by identifying needs of students and apply model in guidance process of students scientific work. Subjects in this study are student who is writing their thesis numbered 42 people in UIN Sunan KAlijaga Yogyakarta. The results show that students need guidance on a strategy to complete thesis quickly and precisely. By applying that guidance model quality of students thesisĀ increased significantly shown in value of thesis that be obtained.Penelitian ini dilakukan untuk merancang model bimbingan regulasi diri dalam belajar dan menguji efektivitas model tersebut dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Perancangan model dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa dan menerapkan model dalam proses bimbingan karya ilmiah mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa yang sedang menyusun skripsi/tesis berjumlah 42 orang di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil identifikasi kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bimbingan tentang strategi untuk menyelesaikan skripsi/tesis dengan cepat dan tepat. Dengan menerapkan model bimbingan tersebut kualitas skripsi/tesis mahasiswa meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dalam nilai skripsi/tesis yang diperoleh.