PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS KARAKTER (Studi Pengembangan Model Manajemen Berbasis Karakter di MTs NU Banat)

Abstract

The goal in this study is defined as follows; 1.) To describe the implementation of the character model in MTs NU Banat Kudus in reality. 2) To describe and analyze the strengths and weaknesses of character-based management model in the MTs NU Banat Kudus. 3. To describe and analyze in the MTs NU Banat Kudus. This research is a field survey with a qualitative approach. Collecting data is using interviews, observation, documentation, and triangulation. Methods of data analysis are using methods developed by Miles and Hubermanwith three steps, namely data reduction, data presentation, conclusion and verification. As for the location of thisĀ  research is at MTs NU Banat Kudusin academic year of 2014/2015. From the analysis of the data can be obtained findings of the study as follows: First, the reality of the development ofcharacter education model at MTs NU Banat integrative implemented in each of the learning that is done through lesson plans, learning implementation, and evaluation of learning. Secondly, the weakness of character development education model include: lack of time allocated;; and the ability of the students are not the same the strength include: teacher as professional educators; availability of instructional media. Third, the development of character-based management model is as follows: First, an inclusive strategy, namely to-insert the character education into all subjects/ fields of study) and in the learning process; secondly, the strategy of school culture; Third, self-exploration strategy; and fourth, peers assessment strategies.Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata dari realitas pengembangan model manajemen berbasis karakter di MTs nu banat kudus. Tujuan dalam penelitian ini dijabarkan sebagai berikut; 1.) untuk mendeskripsikan realitas model manajemen berbasis karakter di MTs NU Banat Kudus. 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis kekurangan dan kelebihan model manajemen berbasis karakter diMTs nu banat kudus. 3. untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan model manajemen berbasis karakter di MTs NU Banat kudus. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Realitas pengembangan model pendidikan karakter di MTs NU Banat kudus dilaksanakan secara integrative dalam setiap pembelajaran yang dilakukan melalui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kedua, kekurangan pengembangan model pendidikan karakter di MTs NU Banat kudus meliputi: minimnya alokasi waktu; dan kemampuan siswa yang tidak sama kelebihan meliputi: guru sebagai tenaga pendidik yang profesional; tersedianya media pembelajaran; tersedianya sarana dan prasarana yang memadai; dan minat belajarsiswa yang tinggi. Ketiga, Pengembangan model manajemen berbasis karakter peserta didik di MTs NU Banat adalah sebagai berikut : Pertama, strategiĀ  inklusif, yakni meng-insert-kan (memasukkan)pendidikan karakter ke dalam semua mata pelajaran/bidang studi) dan dalam proses pembelajaran; kedua, strategi budaya sekolah; ketiga, strategi eksplorasi diri; dan keempat, strategi penilaian teman sejawat.