PERAN WARUNG MIKRO BANK SYARIAH MANDIRI KUDUS DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KUDUS
Abstract
This study is a field study using qualitative descriptive approach. Data obtained by the method of interview, observation and documentation. Source of data in this study is UMKM in Kudus who become customers of Micro Shop BSM Kudus and Sacred BSM Micro Shop manager. Test the validity of the data with triangulation techniques and data analysis methods and Milles huberman. The results show that implementations financing in the Micro Shop BSM Kudus addressed to UMKM using the murabaha contract and has been implemented in accordance with the procedure. Micro stalls BSM Kudus role in overcoming obstacles UMKM in Kudus, especially in the capital, so that UMKM can increase sales revenue, profit and assets. Enabling and inhibiting factors implementations Micro Shop BSM Kudus comes from within (internal) and outside (external).Kajian ini adalah kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diperoleh dengan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sumber data dalam kajian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Kudus yang menjadi nasabah Warung Mikro BSM Kudus dan pengelola Warung Mikro BSM Kudus. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi dan analisis data dengan metode huberman dan Milles. hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi pembiayaan Warung Mikro BSM Kudus yang ditujukan kepada pelaku UMKM menggunakan akad murabahah dan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Warung Mikro BSM Kudus berperan dalam mengatasi kendala pelaku UMKM di Kabupaten Kudus, khususnya dalam permodalan, sehingga para pelaku UMKM dapat meningkatkan omset penjualannya, laba dan asset. Faktor pendukung dan penghambat implementasi Warung Mikro BSM Kudus berasal dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal).