ASPEK-ASPEK PENILAIAN KUALITAS GURU PAI
Abstract
Guru sebagai pendidik adalah seseorang yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa. Budaya tinggi dan rendah, kemajuan atau kemunduran suatu masyarakat dan tingkat budaya negara sangat tergantung pada pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini mengkaji bagaimana cara memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode library reasearch. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa cara yang efektif dari pemerintah untuk memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah dengan memberikan mereka apresiasi atau penghargaan berupa sertifikasi guru. Sertifikasi ini merupakan bukti formal pengakuan formalitas guru yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Untuk itu, gurupun diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya.kata kunci: kualitas, guru, PAITeacher as educator is someone who gives contribution to the society in a country. The culture level and the progress of society lie on the education quality. It can not be separated from teachers’ role. The aim of this study was discussing and finding the way how to improve the Islamic Education teachers’ quality. The method used in this study was library research. Based on the data analysis, the result showed that the effective way from government to improve the Islamic Education teachers’ quality is giving the appreciation. That appreciation is in the form of teachers’ certification. It can be the formal proof that the government acknowledge them as professional personnel. Hopefully, the teachers are able to improve their competence and professionality.Keywords: quality, teacher, Education, Islam, Studi